Tugas 7 APSI - Data Flow Diagram

Nama  : Nabila A’idah Diani

NRP    : 5025211032

Kelas   : APSI E

 

MODEL PROSES PEMBAYARAN BELANJA DI TRANSMART DENGAN APLIKASI ALLO BANK

 

I. Diagram Konteks

            Diagram konteks adalah diagram visual yang digunakan dalam analisis dan perancangan sistem informasi untuk menunjukkan hubungan antara sistem dengan lingkungan eksternalnya. Diagram ini menggambarkan sistem sebagai kotak tunggal dan menunjukkan entitas eksternal yang terlibat dalam interaksi dengan sistem, seperti pengguna, sistem lain, dan lingkungan fisik. Berikut ini merupakan diagram konteks dari proses pembayaran belanja di Transmart dengan aplikasi Allo Bank.



(Untuk melihat gambar dengan lebih jelas, dapat dengan melakukan klik pada gambar)

            Penjelasan dari diagram ini adalah customer akan melakukan transaksi dan data transaksi akan masuk ke dalam proses 0. Selain itu, informasi customer juga akan masuk ke dalam proses 0. Lalu, informasi total pembelian dari proses 0, akan diberikan kepada kasir, bersamaan juga dengan laporan transaksi. Dari kasir, diberikan informasi transaksi ke dalam proses 0, yang selanjutnya akan memulai proses dengan Allo Bank. Proses 0 akan memberikan informasi mengenai akun customer kepada aplikasi Allo Bank, lalu meminta verifikasi dan melanjutkan proses pembayaran dengan akun pada aplikasi Allo Bank. Lalu, informasi pembayaran dengan Allo Bank diberikan lagi kepada proses 0. Setelah semua proses berlangsung, proses 0 akan memberikan bukti transaksi kepada customer.

 

II. DFD Level 0

            DFD Level 0 (Data Flow Diagram Level 0) adalah diagram yang menunjukkan gambaran umum tentang sistem informasi, dan menunjukkan entitas yang terlibat dalam sistem serta aliran data yang terjadi antara entitas tersebut. DFD Level 0 sering digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diagram level-level selanjutnya, seperti DFD Level 1 dan seterusnya, yang akan menunjukkan proses internal yang lebih rinci di dalam sistem. Berikut ini merupakan DFD Level 0 dari proses pembayaran belanja di Transmart dengan aplikasi Allo Bank.



(Untuk melihat gambar dengan lebih jelas, dapat dengan melakukan klik pada gambar)

            Pada diagram ini, terdapat dua proses yaitu, proses olah data pelanggan dan proses olah data transaksi. Pada proses olah data pelanggan, customer akan memasukkan detail informasi customer, lalu akan menghasilkan data akun pelanggan yang akan menjadi nomor rekening pelanggan. Akun rekening pelanggan ini akan mengirimkan data akun pelanggan kepada sistem Allo Bank, dan sistem aplikasi akan memberikan verifikasi dan otorisasi akun kepada akun rekening. Lalu, customer akan melakukan transaksi dengan mengirimkan data transaksi kepada proses 2, yaitu proses olah data transaksi. Dari proses 2 tersebut, akan diteruskan informasi total pembelian kepada kasir, lalu kasir akan mengembalikan informasi transaksi kepada proses 2. Informasi transaksi ini akan digunakan untuk verifikasi dan permintaan pembayaran kepada Allo Bank, lalu Allo Bank akan menggunakan data akun pelanggan dan meneruskan informasi pembayaran ke proses 2. Setelah itu, proses 2 akan mengirimkan bukti transfer ke customer dan kasir akan mengirimkan data laporan transaksi sebagai bentuk laporan transaksi.

 

III. DFD Level 1

            DFD Level 1 (Data Flow Diagram Level 1) adalah diagram yang menunjukkan gambaran rinci tentang sistem informasi dengan memperlihatkan proses-proses internal dalam sistem dan aliran data yang terjadi antara proses-proses tersebut. DFD Level 1 merupakan diagram tingkat lebih detil setelah DFD Level 0. Berikut ini merupakan DFD Level 1 dari proses pembayaran belanja di Transmart dengan aplikasi Allo Bank.



(Untuk melihat gambar dengan lebih jelas, dapat dengan melakukan klik pada gambar)

            Penjelasan dari diagram di atas adalah terdapat total enam proses, yaitu membuat akun Allo Bank, sudah mempunyai akun Allo Bank, mengaktifkan AlloPrime, mengaktifkan Pay Later, melakukan kalkulasi transaksi, dan melakukan pembayaran dan proses transaksi. Awalnya, customer akan mengirimkan informasi pengguna kepada dua cabang proses. Jika customer tidak mempunyai akun, maka akan masuk ke dalam proses membuat akun, sedangkan jika sudah maka akan diarahkan ke dalam proses sudah memiliki akun. Dari proses tersebut, akan dikirimkan data pelanggan yang telah tersimpan dalam sistem ke dalam akun nomor rekening pelanggan, di mana pelanggan dapat mengaktifkan AlloPrime dengan memberikan informasi pengguna. Akun rekening pelanggan juga dapat mengaktifkan Pay Later dengan mengirimkan informasi pengguna. Dari akun rekening pengguna, akan diberikan data pengguna ke sistem Allo Bank. Customer dapat melakukan transaksi dan akan mengirimkan data transaksi ke dalam proses melakukan kalkulasi transaksi untuk dilakukan pengalkulasian. Lalu, akan dilakukan proses pengalkulasian di mana hasilnya akan menjadi informasi total pembelian yang akan diteruskan kepada kasir. Lalu, dari kasir akan diberikan informasi transaksi ke dalam proses untuk melakukan pembayaran dan proses transaksi. Selanjutnya, untuk pembayaran menggunakan Allo Bank akan dilakukan verifikasi dan permintaan pembayaran kepada akun yang terdapat di sistem Allo Bank, sebagai gantinya informasi pengguna tadi akan diteruskan ke dalam proses 2.2. Jika telah diselesaikan proses tersebut, maka akan dikirim bukti transaksi ke customer dan dari proses tersebut juga dikirim laporan transaksi ke kasir, di mana kasir akan mengoutputkan data laporan transaksi sebagai laporan transaksi.

 

Source:

- https://www.youtube.com/watch?v=Whhxo19glgY

- https://www.youtube.com/watch?v=UeU9Ap3iV7U

Comments

Popular Posts